Daily Bible Devotion, 10 March ( 10 Maret ), Psalm 81 ( Mazmur 81), ” God respect human free will, Tuhan menghargai kehendak bebas manusia “

Psalms 81:11-12 (NKJV) “But My people would not heed My voice, And Israel would have none of Me.
So I gave them over to their own stubborn heart, To walk in their own counsels.

Mazmur 81:11-12 (TB) (81-12) Tetapi umat-Ku tidak mendengarkan suara-Ku, dan Israel tidak suka kepada-Ku.
(81-13) Sebab itu Aku membiarkan dia dalam kedegilan hatinya; biarlah mereka berjalan mengikuti rencananya sendiri!

Tuhan kita adalah Tuhan yang cintanya sempurna, Dia menghargai kehendak bebas manusia, bahkan sejak awal penciptaan Tuhan memberikan manusia pilihan untuk mengikut dan setia karena mencintai Tuhan, atau mau memberontak dan keluar dari jalan Tuhan.

Umat Israel berungkali meninggalkan pimpinan Tuhan, mereka memilih jalan mereka sendiri , tidak mempedulikan arahan, pimpinan Tuhan.

Terus menerus Tuhan mengirimkan para nabi menyampaikan pesan nubuatan teguran, arahan dan petunjuk dari Tuhan, tetapi umat Israel sombong dan tidak mau mendengarkan pesan Tuhan, bahkan seringkali mereka meninggalkan Tuhan dan menyembah berhala.

Pembaca terkasih, menghargai kehendak bebas adalah bentuk cinta yang sempurna, Tuhan sangat menghargai kehendak bebas manusia, tentu saja Ia akan terus mengirimkan hamba -hamba Tuhan untuk mengarahkan, atau menegur umatNya, tetapi mereka tidak akan memaksa, memanipulai dan mengancam, mereka akan menghargai kehendak bebas, karena ini adalah salah satu prinsip dalam kerajaan Allah.

Umat Israel dengan kehendak bebasnya memilih jalan mereka, membully menganiaya para utusan Allah, dengan sombongnya jalan dengan kekuatan sendiri, dan ujungnya mereka hancur.

Tuhan terus menerus mengulurkan tangan menawarkan pertolongan ,dan ada masa – masa umat Israel bertobat, merendahkan diri, kembali ke jalan Tuhan, tapi ada juga masa mereka mengeraskan hati dan binasa.

Leave Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *