Daily Bible Devotion, 12 June, Proveb 25 , Amsal 25″ Self control, pengendalian diri “

Proverbs 25:16, 27-28 (NKJV) Have you found honey? Eat only as much as you need, Lest you be filled with it and vomit.
It is not good to eat much honey; So to seek one’s own glory is not glory.
Whoever has no rule over his own spirit Is like a city broken down, without walls.

Amsal 25:16, 27-28 (TB) Kalau engkau mendapat madu, makanlah secukupnya, jangan sampai engkau terlalu kenyang dengan itu, lalu memuntahkannya.
Tidaklah baik makan banyak madu; sebab itu biarlah jarang kata-kata pujianmu.
Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.

Penguasaan diri adalah karakter anak – anak Allah, inilah buah roh, karena itu kita perlu bertumbuh dalam pengendalian diri.

Pengendalian diri itu di praktekan dalam segala hal, harus ada rasa cukup atas segala sesuatu, karena segala sesuatu yang terlalu banyak akan membawa hal buruk.

Contohnya, makan madu adalah hal yang baik, tapi jika terlalu banyak tidaklah baik, sama juga hal lainnya, contoh olahraga juga jika terlalu banyak tidak baik, termasuk makan buah buahan jika terlalu banyak malah membuat tubuh sakit.

Pengendalian diri sangatlah urgent dilakukan saat wabah pandemi terjadi : mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan masa, menunda traveling untuk tujuan leisure semata, tidak berkumpul lebih dari 2-3 orang, dan stay at home sepulang kerja. hal – hal ini sangat membutuhkan pengendalian diri.

Pembaca terkasih marilah kita  semua mengendalikan diri, tanpa pengendalian diri petaka buruk akan terjadi, penting kita bertumbuh dalam pengendalian diri setiap hari

Leave Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *