Daily Bible Devotion 15 August, Isaiah 38, (Yesaya 38), “Prophecy can be update, isi Nubuatan bisa diperbaharui”

Isaiah 38:1-5 (NET) In those days Hezekiah was stricken with a terminal illness. The prophet Isaiah son of Amoz visited him and told him, “This is what the Lord says, ‘Give instructions to your household, for you are about to die; you will not get well.’”
Hezekiah turned his face to the wall and prayed to the Lord,
“Please, Lord. Remember how I have served you faithfully and with wholehearted devotion, and how I have carried out your will.” Then Hezekiah wept bitterly.
The Lord told Isaiah,
“Go and tell Hezekiah: ‘This is what the Lord God of your ancestor David says: “I have heard your prayer; I have seen your tears. Look, I will add fifteen years to your life,

Yesaya 38:1-5 (TB) Pada hari-hari itu Hizkia jatuh sakit dan hampir mati. Lalu datanglah nabi Yesaya bin Amos dan berkata kepadanya: “Beginilah firman TUHAN: Sampaikanlah pesan terakhir kepada keluargamu, sebab engkau akan mati, tidak akan sembuh lagi.”
Lalu Hizkia memalingkan mukanya ke arah dinding dan ia berdoa kepada TUHAN.
Ia berkata: “Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu.” Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat.
Maka berfirmanlah TUHAN kepada Yesaya:
“Pergilah dan katakanlah kepada Hizkia: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu. Sesungguhnya Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi,

Ayat ini dengan sangat jelas menerangkan kepada kita ; suatu pesan nubuatan itu bisa berubah diperbaharui, dibatalkan, dipercepat waktunya, semua tergantung dari respon penerima nubuatan ! singkat kata respon hati manusia akan menentukan update pembaharuan dari sebuah nubuatan yang Tuhan sampaikan melalui nabi – nabiNya!

Pembaca terkasih dalam pasal ini kita melihat bahwa raja Hezekiah meresponi nubuatan dengan sikap hati yang benar, ia tidak marah , tidak kepahitan dan tidak membully atau menjelek – jelekan nabi Yesaya, ia merendahkan diri dan mencari wajah Tuhan lebih lagi, mohon ampun , bertobat dan berdoa kepada Tuhan ! dan sikap hati yang rendah hati ini menghasilkan update pembaharuan pesan Tuhan menjadi raja Hezekiah mendapatkan perpanjangan usia tambahan 15 tahun lagi.

Nabi Yesaya segera diperintahkan Tuhan kembali ke istana Raja, memperbaharui nubuatan , bahkan Nabi juga membawa kesembuhan bagi Raja ! Nubuatan bisa berubah dan diperbaharui, Sikap hati respon manusia menjadi tolak ukur apa isi nubuatan yang baru.

Leave Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *