Daily Bible Devotion, 15 June, Provebs 28 ( Amsal 28 ),”avoid gluttened friend , hindari teman yang pelahap glojoh”

Proverbs 28:7 (NET) The one who keeps the law is a discerning child, but a companion of gluttons brings shame to his parents.

Amsal 28:7 (TB) Orang yang memelihara hukum adalah anak yang berpengertian, tetapi orang yang bergaul dengan pelahap mempermalukan ayahnya.

Rakus akan makanan, adalah bentuk kreatif dari ketamakan dan cerminan tidak adanya pengendalian diri.

Makan makanan adalah untuk kesahatan,  makan bukanlah ajang cara  mengumbar hawa nafsu ! Penting untuk makan porsi makanan secukupnya,mempunyai pengendalian diri dan memiliki rasa cukup.

Orang yang pelahap rakus akan makanan, mencerminkan lemahnya karakter pengendalian diri , dan berujung pada hal – hal buruk, diantaranya sakit gangguan pencernaan, obesitas, dan banyak penyakit lainnya, dan juga seringkali bahkan makan banyak menjadi tujuan hidup , menjadi sumber kepuasan.

Pembaca terkasih pengendalian diri adalah karakter rohani, jika kita mampu mengendalikan diri makan secukupnya dan mengutamakan fungsi dari makan untuk sarana kesehatan maka di jauhkanlah kita dari sifat pelahap rakus ( glojoh), kitab Amsal mengingatkan kita untuk menjauhi pertemanan dengan orang – orang yang rakus pelahap ini, karena pergaulan buruk akan merusak karakter yang baik.

Leave Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *