Daily Bible Devotion, 22 September, Jeremiah 10 ( Yeremia 10) ” Do Not follow pagan religious, jangan ikut menyembah berhala “

Jeremiah 10:1-2 (NET) You people of Israel, listen to what the Lord has to say to you.
The Lord says, “Do not start following pagan religious practices. Do not be in awe of signs that occur in the sky even though the nations hold them in awe.

Yeremia 10:1-2 (TB) Dengarlah firman yang disampaikan TUHAN kepadamu, hai kaum Israel!
Beginilah firman TUHAN: “Janganlah biasakan dirimu dengan tingkah langkah bangsa-bangsa, janganlah genta terhadap tanda-tanda di langit, sekalipun bangsa-bangsa gentar terhadapnya.

Bangsa bangsa disekitar umat Israel menyembah banyak dewa dewi, penyembahan berhala adalah budaya mayoritas suku bangsa pada saat itu.

Berulang kali Tuhan melalui para nabi menegur kelakuan bangsa israel yang jatuh dalam penyembahan berhala, dan terus menerus mereka melakukan penyembahan berhala, bahkan mereka mem-bully para nabi pembawa pesan.

Mengapa mereka memilih menyembah dewa dewi berhala ? ada beberapa faktor penyebab, dua diantaranya adalah ; yang pertama perkawinan campur dengan suku bangsa lain, dan yang kedua adalah tawaran kenikmatan dosa dari aliran penyembahan, beberapa ritual penyembahan adalah dengan melakukan dosa perzinahan dan hal – hal yang memuaskan hawa nafsu kedagingan semata.

Pembaca terkasih, pada jaman ini penyembahan berhala pada hal – hal mistis, perdukunan masih sering terjadi, dalam pelayanan saya sering sekali menemukan umat Kristen yang meminum air dari dukun, menggunakan sesajen , pergi ke peramal, sungguh menyedihkan, tak heran hidup mereka hancur berantakan, kutuk dari kuasa kegelapan telah menguasai mereka.

Berhala modern pun sudah menguasai banyak umat kristen, melalui hoby, kecanduan game, kecanduan media sosial ! orang – orang di jaman ini bisa menghabiskan waktu berjam- jam setiap harinya ( tik tok, face book, twitter, instagram, dlll ) tetapi mereka tidak mempunyai waktu untuk berdoa dan membaca alkitab setiap hari, bahkan untuk ibadah minggu yang hanya 1-2 jam saja perminggu mereka tidak sempat! candu media sosial sudah menjadi berhala modern yang harus diwaspasdai.

Leave Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *