Daily Bible Devotion, 23 June, Ecclesiastes 5 (pengkotbah 5 ), ” Be Content, Rasa cukup”

Ecclesiastes 5:10-12 (NET) The one who loves money will never be satisfied with money, he who loves wealth will never be satisfied with his income. This also is futile.
When someone’s prosperity increases, those who consume it also increase; so what does its owner gain, except that he gets to see it with his eyes?
The sleep of the laborer is pleasant – whether he eats little or much – but the wealth of the rich will not allow him to sleep.

Pengkhotbah 5:10-12 (TB) (5-9) Siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya. Ini pun sia-sia.
(5-10) Dengan bertambahnya harta, bertambah pula orang-orang yang menghabiskannya. Dan apakah keuntungan pemiliknya selain dari pada melihatnya?
(5-11) Enak tidurnya orang yang bekerja, baik ia makan sedikit maupun banyak; tetapi kekenyangan orang kaya sekali-kali tidak membiarkan dia tidur.

ciri ciri orang tamak adalah tidak pernah memiliki rasa cukup !, ketamakan terjadi ketika seseorang mencintai uang dan di perhamba oleh cinta akan uang.

Berapapun penghasilan yang dimiliki orang tamak ia tidak akan merasa cukup, berapapun kekayaan yang dimiliki orang tamak akan selalu tidak cukup.

Karakter tamak ini adalah cacad karakter yang terjadi karena kurangnya atau bahkan tidak adanya buah roh ( karakterte rohani ) pengendalian diri, kesabaran, kasih, damai sejahtera, dalam diri seseorang.

Biasanya umat yang belum lahir baru , hidupnya bertuhankan mammon ( cinta akan uang ), akan menjadi pribadi tamak, dan berburu harta menjadi visi kehidupannya.

Kitab Pengkotbah (ecclesiates) memberitahukan bahwa jika seseorang  tidak memiliki rasa cukup, yang  berhala harta dan kekayaan maka  ia hidup dalam kesia -sia an, sungguh malang dan menderita jiwa orang ini.

Leave Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *