Daily Bible Devotion, 24 May, Provebs 6 ( Amsal 6 ), ” about surety, tentang penjaminan “

Proverbs 6:1-3 (NKJV) My son, if you become surety for your friend, If you have shaken hands in pledge for a stranger,
You are snared by the words of your mouth; You are taken by the words of your mouth.
So do this, my son, and deliver yourself; For you have come into the hand of your friend: Go and humble yourself; Plead with your friend.

Amsal 6:1-3 (TB) Hai anakku, jikalau engkau menjadi penanggung sesamamu, dan membuat persetujuan dengan orang lain;
jikalau engkau terjerat dalam perkataan mulutmu, tertangkap dalam perkataan mulutmu,
buatlah begini, hai anakku, dan lepaskanlah dirimu, karena engkau telah jatuh ke dalam genggaman sesamamu: pergilah, berlututlah, dan desaklah sesamamu itu;

Hikmat firman Tuhan mengajarkan kepada kita agar tidak menjadi penjamin, atau penanggung hutang orang lain, hal ini sangat penting dan harus diperhatikan.

Jika seseorang menjadi penjamin atau penanggung hutang orang lain maka ia telah jatuh pada jerat penguasaan oleh sesama, biarlah setiap orang bertanggung jawab atas dirinya masing masing dan tidak menjadi penjamin hutang orang lain.

Firman Tuhan telah berulang kali mengajarkan jika seseorang berhutang maka ia menjadi budak hutang , dan hidupnya harus diabdikan untuk membayar bunga hutang setiap bulan, jadi menjadi penjamin dari orang lain yang berhutang adalah suatu kemunduran, hal ini sama saja berhutang karena orang lain yang berhutang tetapi orang lain yg menikmatinya.

Pembaca terkasih, marilah kita menerima hikmat Tuhan yang satu ini dengan rendah hatï, dengan melakukannya kita sudah memilih berada di jalan kebenaran dan berkat Tuhan.

Leave Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *