Daily Bible Devotion, 27 May, Provebs 9 ( Amsal 9), “Reprove not a scoffer, jangan menegur pencemooh”

Proverbs 9:7-9 (ASV) He that correcteth a scoffer getteth to himself reviling; And he that reproveth a wicked man [getteth] himself a blot.
Reprove not a scoffer, lest he hate thee: Reprove a wise man, and he will love thee.
Give [instruction] to a wise man, and he will be yet wiser: Teach a righteous man, and he will increase in learning.

Amsal 9:7-9 (TB) Siapa mendidik seorang pencemooh, mendatangkan cemooh kepada dirinya sendiri, dan siapa mengecam orang fasik, mendapat cela.
Janganlah mengecam seorang pencemooh, supaya engkau jangan dibencinya, kecamlah orang bijak, maka engkau akan dikasihinya,
berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah.

Hal ini adalah penting diketahui.; jangan menegur orang yang suka mencemooh, atau pengkritik orang lain, karena ia tidak akan berubah malah akan menyerang dan membenci anda , dan membuat kerusakan sosial!

Pada umumnya manusia tidak suka di kritik atau diberi teguran ,hanya orang bijak saja yang cukup rendah hati menerima kritik dan teguran, dan sisanya tidak bisa dikritik atau ditegur.

Karena itu biarlah otoritas mereka yang menegur mereka, janganlah kita menegur dan mengkritik orang – orang yang bukan berada dibawah otoritas kita.

ini sebuah fakta, bahwa orang – orang yang memegang otoritas memimpin ketika berhadapan dengan kaum pencemooh pun kesulitan memimpin orang yang mudah tersinggung , orang anti kritik .

Biasanya akhirnya otoritas dalam pekerjaan tidak mau dekat dengan kaum mudah tersinggung ini , mereka dijauhkan dari posisi pemimpin bahkan berada di list paling atas; nama -nama orang yang akan dipecat.

Pembaca terkasih hanya orang bijak yang cukup rendah hati menerima teguran, dan kaum pencemooh tidak dapat ditegur ! jadi janganlah menegur orang sembarangan , lihatlah karakter orang itu.

jika anda adalah otoritas diatasnya, maka mau tidak mau orang – orang pengkritik ini harus ditegur dan jika membuat kekacauan harus disiplin. Memang menjadi pemimpin itu memikul tanggung jawab yang berat, karena itu berjalanlah dalam hikmat menghadapi orang anti kritik dan mudah tersinggung.

Leave Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *