Daily Bible Devotion, 29 April, Psalm 131 (Mazmur 131), ” “Controlling our own souls, mengendalikan jiwa kita “

Psalms 131:1-2 (UKJV) Lord, my heart is not haughty, nor mine eyes lofty: neither do I exercise myself in great matters, or in things too high for me.
Surely I have behaved and quieted myself, as a child that is weaned of his mother: my soul is even as a weaned child.

Mazmur 131:1-2 (TB) Nyanyian ziarah Daud. TUHAN, aku tidak tinggi hati, dan tidak memandang dengan sombong; aku tidak mengejar hal-hal yang terlalu besar atau hal-hal yang terlalu ajaib bagiku.
Sesungguhnya, aku telah menenangkan dan mendiamkan jiwaku; seperti anak yang disapih berbaring dekat ibunya, ya, seperti anak yang disapih jiwaku dalam diriku.

Pergumulan jiwa manusia gelisah, kuatir, galau, restless, rusuh, bersungut sungut, tidak bisa tenang sangat menyiksa diri, bahkan mendatangkan sakit penyakit dalam tubuh manusia.

Restless , galau, tidak bisa tinggal diam , dalam masa wabah pandemi akan mencelakakan umat manusia ! mereka akan gagal mengendalikan diri, dan kehilangan kesabaran! menjadi tidak waspada, dan malah menjadi pembuat kerumunan masa ,  penggiat mobilitas ditempat umum, ujungnya tertular dan juga menjadi penyebar virus. 

Akhirnya Mereka  membuat susah semua orang dan mencelakakan orang -orang yang terkait dengan diri mereka.

Firman Tuhan dalam mazmur
pasal ini ( mazmur 131 ) mengajarkan kita untuk mengendalikan jiwa kita, dengan cara berdiam dekat Tuhan, banyak ibadah menaikkan pujian penyembahan, dan bertumbuh karakter rohani dalam kesabaran dan pengendalian diri.

Pergaulan yang buruk juga merusak kebiasaan sabar dan pengendalian diri, karena itu penting bergaul dengan orang – orang yang kuat dalam karakter pengendalian diri dan kesabaran.

Pembaca terkasih, ini adalah bagian kita untuk memenangkan jiwa kita sendiri terlebih dahulu, kendalikan kegelisahan jiwamu, bertobatlah dari restless ! masuklah ke hadirat Tuhan melalui gerbang pujian penyembahan kepada Tuhan dan Tuhan akan memberikan damai sejahtera, ketenangan, kekuatan untuk bertumbuh dalam karakter kesabaran dan pengendalian diri.

Leave Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *