Daily Bible Devotion, 4 November, 1 Lamentation ( Ratapan 1), ‘The Essence from book of Lamentation, Esensi dari kita Ratapan”

Lamentations 1:1 (NET) א (Alef) Alas! The city once full of people now sits all alone! The prominent lady among the nations has become a widow! The princess who once ruled the provinces has become a forced laborer!

Ratapan 1:1 (TB) Ah, betapa terpencilnya kota itu, yang dahulu ramai! Laksana seorang jandalah ia, yang dahulu agung di antara bangsa-bangsa. Yang dahulu ratu di antara kota-kota, sekarang menjadi jajahan.

Pembaca terkasih untuk kita dapat memahami, apa esensi dari kitab Jeremiah , maka kita perlu memahami judul besar nama kitab ini ; Judul Kitab ini Dalam bahasa Ibrani  disebut Eikhah, yang artinya adalah “Kenapa,” yang merupakan rumus dalam memulai nyanyian ratapan. dalam bahasa Yunani disebut threnoi , yang artinya =Ratapan!

Kitab ini ditulis dalam bentuk karya sastra klasik, penuh nilai seni sastra, karena itu cara memahaminya esensi kitab ini adalah memahami pesan utuh gambaran besar isi kitab ini, dan diperjelas dari gambaran besar per pasal. Cara mempelajari ayat per-kalimat bukanlah cara yang tepat untuk mempelajari kitab dengan gaya penulisan karya sastra ini.

Kitab Lamentantion ( Ratapan ) berisikan Lima Syair yang meratapi jatuhnya Jerusalem jatih  ke tangan tentara Babel , dan kehancuran serta masa pembuangan sesudah itu. Nabi Jeremiah menuliskan kitab ini.

Jerusalem pernah menjadi kota yang sangat termasyhur dan tersohor, bahkan pada jaman Kerajaan Solomon menjadi pusat peradaban dunia, dan terkenal dengan kemakmuran, kebesaran dan keagungannya.

Tetapi banyak hal fatal terjadi pada raja – raja Israel yang memerintah atas Jerusalem dan umat di Jerusalen , sehingga Jerusalem menjadi puing – puing kehancuran, ini sangat disayangkan sekali, dan umat Tuhan harus mengambil pelajaran berharga ; “Mengapa ” hal ini terjadi, hikmat pembelajaran apa yang sangat berharga apa yang dapat kita pelajari ? inilah esensi dari kitab Lamentation( Ratapan).

Leave Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *