Daily Bible Devotion, 4 September, Isaiah 58 ( Yesaya 58), ” break every bordensome yoke, mematahkan semua keterikatan “

Isaiah 58:5-6 (NET) Is this really the kind of fasting I want? Do I want a day when people merely humble themselves, bowing their heads like a reed and stretching out on sackcloth and ashes? Is this really what you call a fast, a day that is pleasing to the Lord?
No, this is the kind of fast I want. I want you to remove the sinful chains, to tear away the ropes of the burdensome yoke, to set free the oppressed, and to break every burdensome yoke.

Yesaya 58:5-6 (TB) Sungguh-sungguh inikah berpuasa yang Kukehendaki, dan mengadakan hari merendahkan diri, jika engkau menundukkan kepala seperti gelagah dan membentangkan kain karung dan abu sebagai lapik tidur? Sungguh-sungguh itukah yang kausebutkan berpuasa, mengadakan hari yang berkenan pada TUHAN?
Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk,

Nabi Isaiah menyampaikan pesan Tuhan tentang puasa yang sesungguhnya ; puasa bukan hanya sekedar tidak makan dalam jangka waktu tertentu, tetapi ada makna mendalam sehubungan dengan karakter rohani pengendalian diri, dan kemerdekaan dari segala jenis keterikatan daging di dunia.

Setiap hari selama bertahun – tahun banyak perkara dan kebiasaan duniawi yang mengisi pikiran , bahkan menjadi cara perilaku hidup keseharian , sayangnya perkara perkaraa tersebut tidak sehat bagi jasmani , rohani dan mental kita, hal – hal inilah yang perlu dibebaskan ketika berdoa puasa; segala kecanduan akan hal hal dunia dan juga perilaku tabiat buruk.

Pembaca terkasih Alkitab mengajarkan kepada kita untuk secara rutin mendisiplinkan diri berpuasa, sekuranganya satu rentang waktu dalam setahun ( biasa umat kristiani berpuasa sebelum paskah atau diawal tahun), hal ini sangatlah baik dan membuat tubuh , jiwa, roh kita menjadi sehat .

Kebiasaan buruk dapat kita tinggalkan, dan juga jika ada segala bentuk kecanduan juga bisa diberhentikan melalui moment doa puasa, dan setelah doa puasa kehidupan akan lebih seimbang tanpa adanya kecanduan apapun.

Salah satu bentuk kecanduan jaman ini adalah biasanya alkhohol, rokok, dan mayoritas masyarakat kecanduan media social, dan game on line, ini semua melalui komitmen puasa dapat diubahkan dan kehidupan dijadikan sehat dan seimbang.

Leave Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *