Daily bible Devotion,16 August, Isaiah 39 ( Yesaya 39 ) , Disaster happend because show off, Petaka datang akibat pamer “

Isaiah 39:2-7 (NET) Hezekiah welcomed them and showed them his storehouse with its silver, gold, spices, and high-quality olive oil, as well as his whole armory and everything in his treasuries. Hezekiah showed them everything in his palace and in his whole kingdom.
Isaiah the prophet visited King Hezekiah and asked him, “What did these men say? Where do they come from?” Hezekiah replied, “They come from the distant land of Babylon.”
Isaiah asked, “What have they seen in your palace?” Hezekiah replied, “They have seen everything in my palace. I showed them everything in my treasuries.”
Isaiah said to Hezekiah, “Listen to the word of the Lord who commands armies:
‘Look, a time is coming when everything in your palace and the things your ancestors have accumulated to this day will be carried away to Babylon; nothing will be left,’ says the Lord.
‘Some of your very own descendants whom you father will be taken away and will be made eunuchs in the palace of the king of Babylon.’”

Yesaya 39:2-7 (TB) Hizkia bersukacita atas kedatangan mereka, lalu diperlihatkannyalah kepada mereka gedung harta bendanya, emas dan perak, rempah-rempah dan minyak yang berharga, segenap gedung persenjataannya dan segala yang terdapat dalam perbendaharaannya. Tidak ada barang yang tidak diperlihatkan Hizkia kepada mereka di istananya dan di seluruh daerah kekuasaannya.
Kemudian datanglah nabi Yesaya kepada raja Hizkia dan bertanya kepadanya: “Apakah yang telah dikatakan orang-orang ini? Dan dari manakah mereka datang?” Jawab Hizkia: “Mereka datang dari negeri yang jauh, dari Babel!”
Lalu tanyanya lagi: “Apakah yang telah dilihat mereka di istanamu?” Jawab Hizkia: “Semua yang ada di istanaku telah mereka lihat. Tidak ada barang yang tidak kuperlihatkan kepada mereka di perbendaharaanku.”
Lalu Yesaya berkata kepada Hizkia: “Dengarkanlah firman TUHAN semesta alam!
Sesungguhnya, suatu masa akan datang, bahwa segala yang ada dalam istanamu dan yang disimpan oleh nenek moyangmu sampai hari ini akan diangkut ke Babel. Tidak ada barang yang akan ditinggalkan, demikianlah firman TUHAN.
Dan dari keturunanmu yang akan kauperoleh, akan diambil orang untuk menjadi sida-sida di istana raja Babel.”

Orang yang suka pamer adalah orang yang sombong, dan kesombongan akan membawa petaka dikemudian hari !

Raja Hezekiah suka pamer, suka menyombongkan kekayaannya ! ia pribadi yang suka pamer. Jika Hezekiah hidup di jaman ini, maka ia adalah pribadi yang gemar mempost di social media , foto foto ; Ia memamerkan harta bendanya, pamer foto dirinya sedang makan – makanan mawah dan mahal, pamer foto traveling ke tempat mewah dan eksotis di dunia, dan memamerkan semua yang ia punya !

Pembaca terkasih karena suka pamer maka Hezekiah mendatangkan petaka pada dirinya dan bahkan keraajaan Israel, orang sombong dan suka pamer akan menuai petaka di kemudian hari, sebaliknya orang yang rendah hati dan mampu mengendalikan diri akan menuai masa depan yang indah dan semakin diberkati.

Raja Hezekiah memang memiliki cacad karakter hal pamer ini, bahkan ketika ditegur dan diberitahukan penglihatan apa akibat pamer ini di masa mendatang, ia tidak bertobat malah memberikan respon konyol mengatakan bahwa konsekuensi dia pamer harta di masa depan biarlah keturunannya yang menanggung akibatnya !

Dalam hal pamer Hezekiah tidak menunjukkan pertobatan, dan petaka benar – benar terjadi dikemudian hari, para tamu yang ia pamerkan semua harta kerajaan itu membawa pasukan dan mengambil paksa semua yang ia pamerkan , bahkan kerajaan Israel ditaklukan dan dijadikan budak ! semua petaka ini akibat pamer !suatu kebodohan dan cacad karakter.

Leave Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *